Minggu, 19 April 2009

Mengetahui Kode Beep Pada IBM Bios

jika anda mendapatkan suatu masalah atau problem pada PC anda..... anda tidak perlu khawatir,
anda bisa mendeteksi sendiri masalah tersebut melalui suara atau bunyi beep dan pesan yang keluar pada saat proses POST... dan bunyi atau pesan tersebut berbeda-beda tergantung dengan Jenis Bios dan Masalahnya...
ini adalah bunyi-bunyi beep pada jenis IBM bios,. :

1. Tidak ada beep = Power supply rusak, card monitor / RAM tidak terpasang.
2. 1 beep pendek = Normal post dan PC dalam keadaan baik.
3. Beep terus menerus = Power supply rusak, card monitor / RAM tidak terpasang.
4. Beep pendek berulang-ulang = Power supply rusak, card monitor / RAM tidak terpasang.
5. 1 beep panjang, 1 beep pendek = Masalah pada motherboard.
6. 1 beep panjang, 2 beep pendek= Masalah bagian VGA card (mono).
7. 1 beep panjang,3 beep pendek= Masalah bagian VGA card (EGA).
8. 3 beep panjang = keyboard error.
9. 1 beep panjang, blank monitor = VGA card sirkuit.

selain beep biasanya pada kondisi tertentu dapat dilihat juga pesan/ peringatan kesalahan dalam bentuk teks yang di tampilkan pada layar monitor. text tertulisa merupakan bagian dari Post yang dapat di laksanakan apabila VGA card dan monitor dalam keadaan baik dan terinstalasi dengan benar. user dapat langsung mengetahui masalah yang ada dengan membaca teks peringatan, misalnya yaitu :

# keyboard error: untuk masalah pada keyboar.
#CMOS error : CMOS battery error atau ada masalah pada setting peripheral.
# HDD not instal : Harddisk tidak terpasang.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Keren.
Mkasih bang. :)

Posting Komentar

 

Tags

Mengenai Saya

Foto saya
Menilai diri sendiri adalah bukan suatu yg mudah bagi saya.... tp saya rasa saya adalah orang yg gampang berteman dengan siapa pun...dan selebihnya hanya orang lain lah yg bisa menilai saya!!...

Followers

Justice Space Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template